Sate Kerbau Menu Khas Kudus

Sate Kerbau Khas Kudus

Sate Kerbau merupakan salah satu sate khas dan yang sangat pouler di kalangan masyarakat Kudus. Berbeda dengan sate kebanyakan. Sebelum dililit daging tersebut sudah lebih dulu diberi bumbu dan srundeng. Adapun bumbu siramnya juga lebih gelap dan terasa lebih manis. Rasa manis dari srundeng ini menjadi ciri khas dari sate ini

Bahan utama untuk membuat Sate Kerbau :
600 gram daging kerbau
30 tusuk sate
1 sdt asam jawa
4 sdm kecap manis
minyak goreng secukupnya.

Bahan saus bumbu kacang:
100 gram kacang tanah
200 gram kelapa parut 
8 sdm kecap manis
1 sdt gula merah
garam secukupnya
800 ml liter air putih
mentega secukupnya

Bahan bumbu halus:
4 siung bawang putih
4 buah cabai rawit 4
lembar daun jeruk 4 buah cabai merah keriting

BACA JUGA : Ayam Lodho Makanan Khas Tulungagung

Cara Membuat :

Potong daging kerbau berbentuk dadu
Siapkan semua bahan, lalu larutkan asam jawa dengan dua sendok makan air putih. Campurkan dengan kecap manis dan minyak goreng secukupnya.Kemudian potong 600 gram daging kerbau berbentuk dadu dengan ukuran yang sesuai selera. Rendam daging dengan bumbu kurang lebih selama sejam.

Tusuk daging kerbau dan bakar hingga matang
Kemudian ambil 30 tusuk sate lalu sematkan daging pada tusuknya. Siapkan bara api dari arang kayu untuk memanggang. Panggang sate seerta dibolak-balik agar matangnya merata. Setelah matang segera angkat dan tiriskan.

Tumis bumbu halus dan buat saus kacangnya
Haluskan semua bahan bumbu halus, lalu panaskan minyak goreng dan tumis hingga harum. Tambahkan kacang tanah yang sudah ditumbuk kasar kemudian aduk rata.Setelah itu, untuk membuat saus kacang, tuangkan air putih, kecap manis, gula merah, dan garam, lalu masak sampai mendidih. Lalu tambahkan kelapa sangrai yang sudah dihaluskan aduk sampai mendidih dan matang.

Sajikan sate bersama saus bumbu kacang