Songkolo Bagadang Nasi Ketan Khas Sulawesi

Songkolo Bagadang Makanan Khas Sulawesi Selatan

Songkolo Bagadang satu makanan khas Sulawesi Selatan yang wajib dicoba. Biasanya songkolo juga kerap dianggap sokko dalam bahasa Bugis yang merupakan hidangan dengan nasi ketan hitam atau putih yang ditabur dengan parutan kelapa sangrai yang sudah dicampur dengan gula aren. Ini juga merupakan salah satu kuliner yang biasanya dijajakan pada malam hari hingga pagi hari. Adapun keunikannya di timbang seblum di bungkus ataupun disajikan.

Bahan-bahan untuk membuat Songkolo Bagadang
3/4 liter beras ketan putih/hitam (saya campur dengan rasio 2:1)
200 ml santan
secukupnya garam
Serundeng:
1/2 butir kelapa, parut
5 siung bawang merah
3 siung bawang putih
1 sdm ketumbar, haluskan
3 lembar daun salam
1/2 sdt garam
secukupnya gula merah
secukupnya air

BACA JUGA : Combro Khas Sunda Camilan Berisi Oncom

Cara Membuat :
Ketan: Rendam beras ketan selama 1 jam. Kemudian cuci bersih dan kukus hingga setengah matang. Setelah setengaah matang pindahkan ketan ke wadah lalu campur dengan santan dan garam kemudian aduk sampai rata. Kembali masukkan kembali ke kukusan dan kukus hingga matang.

Serundeng: Haluskan bawang merah, bawang putih, garam, ketumbar, dan gula merah. Campurkan bumbu dengan kelapa parut aduk sampai rata kemudian sangrai di atas wajan. Masukkan daun salam. Supaya serundeng tidak terlalu kering sesekali tambahkan air sedikit demi sedikit. Koreksi rasa, sangrai hingga serundeng matang dan kecoklatan.

Sajikan ketan dengan taburan serundeng. Akan lebih nikmat lagi jika dilengkapi dengan sambel tumis dan sambal goreng teri maupun ikan asin.