Beberuk Terong Sambal Khas Lombok

Beberuk Terong Sambal Khas Lombok

Beberuk Terong salah satu sambal yang khas dari Lombok. Sambal yang bercita rasa pedas dan karena memang cabe Lombok terkenal sangat pedas dan menyengat. Ada beberapa makanan khas Lombok yang mempunyai rasa yang asam segar. Salah satunya adalah Beberuk. Sekilas sambal ini mirip dengan lalapan yang di potong-potong kemudian di campur dengan sambal uleng.

Bagi yang pernah mencicipi nasi campur khas Lombok atau Ayam Rarang pasti sudah pernah mencicipi Beberuk Terong Lombok ini. Sambal ini bisa dikatakan sebagai salad khasnya orang Lombok. Di Karenakan makanan ini terbuat dari sayuran yang masih mentah dan dengan saus yang segar.

Sayuran mentah yang digunakan untuk bahan beberuk adalah terong bulat hijau dan kacang panjang yang sudah dipotong kecil-kecil. Kemudian terong hijau dan kacang panjang mentah itu dicampurkan tomat iris atau sambal tomat yang segar dengan bumbu garam.

Kemudian semua bahan di campurkan hingga merata. Dengan citra rasa segar dan juga agak asam karena terdapat campuran tomat yang diiris ataupun dijadikan sambal. Makin lama didiamkan rasanya akan makin pedas segar. Pada saat mencicipi nasi campur khas Lombok ada lauk bernama beberuk. Kami pun mengenal kuliner baru yang khas di sana.

Beberuk biasanya bisa menjadi salah satu lauk pelengkap untuk menikmati makanan Lombok. Biasanya di jadikan lauk untuk nasi campur. Hidangan ini bisa ditemui di Warung Nasi Campur Hj. Nurilah atau biasa bisa disebut dengan Warung Nasi Seganteng. Beberuk di warung nasi tersebut selalu disajikan segar. Setiap kali habis dan pasti pemilik warung akan membuat beberuk yang baru. Selain di sajikan dengan nasi campur khas Lombok ini juga bisa disantap bersama ayam rarang.

Bahan-bahan sambal sebagai berikut :

2 bh terong bulat
kacang panjang
bawng merah
1  cabai merah
tomat merah ukuran sedang
1 buah jeruk limau kecil

Bumbu halus :
2 bh bwng merah
1 siung b. putih
3 buah cabai keriting
1 buah cabai rawit merah (cabai rawit domba)
1/2 sdt terasi bakar
1 cm kencur
Secukupnya gula dan garam
2 sdm minyak goreng

Cara Membuat :
1. Siapkan bahan-bahan. Kemudian potong-potong terong bulat lalu rendam dalam air garam biar warnanya tidak menjadi hitam. Kemudian Iris kecil kacang panjang.
Iris bentuk serong cabai merah besar. Iris bawang merah. Serta potong dadu tomat dan buang dalamnya.
2. Haluskan bumbu halus serta tambahkan garam dan gula secukupnya. Kemudian tumis dengan menggunakan 2 sdm minyak goreng hanya sebentar saja.
3. Campur bumbu halus dengan minyak goreng panas.
Siram di atas sayuran dan tambahkan perasan jeruk limau di atasnya.
Sambal siap untuk di sajikan