Gulai Belacan Hidangan Nusantara Khas Riau

Gulai Belacan Hidangan Nusantara Khas Riau

Gulai Belacan adalah hidangan khas dari Riau. Gulai ini juga dikenal dengan nama Gulai Cincang. Dengan ciri khas tersendiri gulai ini yang kaya akan rempah-rempah dan rasa yang unik karena dibuat dengan tambahan bumbu belacan atau yang disebut juga dengan nama terasi. Adapun kombinasi dari bahan-bahan tersebut yang menjadikan hidangan gulai menjadi unik dan sedap serta gurih karena menggunakan tambahan cabai rawit. Bisa di dalam hidangan ini juga biasanya terdapat mie kuning, telur, potongan cabai dan siraman kuah gulai. Hidangan ini merupakan salah satu makanan istimewa bagi masyarakat Riau karena sering di masak pada acara-acara tertentu seperti pernikahan, acara adat dan juga hari besar keagamaan.

Gulai Belacan bisa juga menggunakan bahan utama berupa ikan yang dicincang dengan jenis ikan antara lain: ikan patin, ikan baung dan ikan lainnya yang bertekstur daging lembut yang dapat dengan mudah menyerap bumbu dengan lebih baik. Untuk saat ini kebanyakan masyarakat mulai mengganti bahan-bahan utama lainnya pada Gulai ini dengan daging sapi, ayam dan udang. Hidangan Gulai ini juga dapat dinikmati tidak hanya dengan nasi ataupun ketupat melainkan dapat juga di nikmati dengan roti.

Adapun Rempah-rempah tradisional yang dapat memperkaya rasa pada gulai i antara lain adalah bawang merah, bawang putih, kunyit, daun kunyit, jahe, dan lengkuas. Dan untuk menambah citra rasa kesegaran gulai biasanya ditambahkan daun kemangi di dalam kuah gulai.

Bahan-bahan Gulai Belacan :

300 gram udang ukuran sedang
1 jeruk nipis
1 sdm air asam jawa
350 ml santan (saya : 200 kara + 150 air)
1/2 sdt garam / secukupnya
1 sdr gula/secukupnya
1 sdt merica
2 lbr daun jeruk
Minyak secukupnya utk menumis

Bumbu Halus :
7 bawang merah
4 bawang putih
3 kemiri
2 sdt terasi goreng (saya : 2 terasi abc)
4 cabe merah besar
4 cabe rawit merah

Cara Membuat
1. Siapkan bahan. Kemudian cuci bersih udang buang sungutnya dan belah punggungnya lalu keluarkan kotoran dipunggung dan kepalanya setelah itu lumuri dengan sedikit garam dan air perasan jeruk nipis diamkan kurang lebih 10 -15 menit. Blender atau ulek bumbu sampai halus.
2.Panaskan minyak lalu tumis bumbu halus hingga harum. Masukkan udang lalu tumis sampai udang berubah warna lalu tambahkan air asam jawa, merica, gula dan garam. Aduk-aduk lalu masukkan santan.
3. Aduk dan masak hingga kuah mengental. Atau bisa sampai keluar minyak dari santan.
Cicipi gulai dan tambahkan garam atau gula sesuaikan dengan rasa masing-masing.
4. Angkat dari wajan dan tuangkan ke dalam mangkok. Siap Sajikan bersama nasi hangat dan kerupuk.