Ikan Baung Asam Pedas Khas Riau

Ikan Baung Asam Pedas Khas Riau

Ikan Baung asam pedas, ini salah satu jajanan yang patut Anda coba jika berkunjung ke Kota Pekanbaru. Hidangan ikan pedas, asam, dan gurih ini nikmat disantap jika dipadukan dengan nasi putih hangat.
Ini sudah menjadi bagian dari masakan Riau yang sangat dipengaruhi oleh adat istiadat Melayu. Sehingga tidak jarang menu ini Anda temukan di berbagai kegiatan adat Melayu.

Ikan Baung mempunyai nama latin Mystus Nemurus. Tekstur dagingnya empuk dan padat tanpa tulang putih halus. Ikan air tawar ini biasa hidup di empat sungai besar di Riau, yaitu Sungai Kampar, Sungai Siak, Sungai Rokan, dan Sungai Indragiri.

Masyarakat Riau mengolah sop asam pedas ini dengan menggunakan berbagai macam bumbu yaitu lengkuas, jahe, kunyit, cabai merah, bawang merah, bawang putih, garam dan untuk menambah rasa asam ditambahkan asam kandis atau air asam jawa pada kuahnya.

Biasanya ikan yang sudah di bersihkan kemudian direndam dengan menggunakan asam Jawa maupun asam kandis. Ikan ini sangat aman untuk di konsumsi juga untuk anak kecil karena tidak memiliki duri dan sangat lembut.

Setelah matang, tampilannya berwarna oranye kemerahan. Menu ini biasanya disajikan dengan gulai ujung daun singkong, sambal terasi, lalapan, kerang rebus, ayam goreng, sambal terong, kangkung dan nasi. Sajian ini tentu menggugah selera bagi yang ingin mencicipinya.

Asam pedas selalu menjadi menu andalan di Riau untuk menjamu tamu yang datang. Mulai dari masyarakat awam, wisatawan dalam negeri, wisatawan mancanegara, artis ibu kota hingga pejabat negara.

Restoran yang menyajikan makanan asam dan pedas selalu ramai pengunjung. Ada beberapa restoran yang menyajikan menu ini yaitu pondok asam pedas baung dan restoran khas melayu. Sesuai dengan namanya, menu lele asap pedas menjadi menu utama dan spesial di restoran ini.

Bahan:
2 ekor baung
2 buah jeruk nipis

Bumbu utuh:
3 lembar daun salam
4 lembar daun jeruk
2 buah tomat muda
1 batang serai
1 lembar daun kunyit
garam, gula, dan kaldu bubuk secukupnya

Bumbu halus:
10 buah cabai merah
3 buah cabai rawit
4 siung bawang putih
7 siung bawang merah
3 butir kemiri
2 cm jahe
2 cm lengkuas
1 cm kunyit

BACA JUGA : Jadah Manten Kue Tradisional Khas Yogyakarta

Cara Membuat:

– Potong-potong ikan dan lumuri dengan jeruk nipis.
– Panaskan minyak secukupnya. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan bumbu utuh dan masak hingga bumbu matang.
– Bilas ikan dengan air bersih, tiriskan. Potong-potong tomat, memarkan serai, sobek daun kunyit. Masukkan ikan ke dalam bumbu kemudian aduk rata dan masak hingga ikan mulai berubah warna.
– Tuang air secukupnya hingga ikan tenggelam. Masak agak lama hingga ikan matang. Masukkan garam, gula, dan juga kaldu bubuk secukupnya.
– Tes rasa, jika sudah pas, angkat.
Sajikan Hidangan ikan asam pedas selagi hangat.