Kota Binjai Kota Kuliner Khas Tau Kua Heci

Kota Binjai Kota Kuliner Khas Tau Kua Heci

Kota Binjai merupakan salah satu kota yang heterogen di Sumatera Utara.Wajar saja kalau di kota ini banyak ditemui beragam makanan dan penganan tradisional. Salah satu di antaranya “Tau Kua Heci“, makanan khas kaki lima di Kota Binjai.

Tau Kua Heci ini juga merupakan kuliner legendaris yang sangat tersohor dan digemari oleh masyarakat Kota Binjai. Disamping itu ini juga kuliner khas suku Tionghoa di kota tersebut. Tau Kua Heci sebenarnya berasal dari bahasa Tiociu, salah satu rumpun bahasa Sino-Tibet.

Adapun arti dari Tau Kua Heci adalah salah satu makanan yang berupa tahu dengan lauk serba udang serta ditambah kuah atau saus.
Untuk dapat menikmati Tau Kua Heci khas Tionghoa Binjai anda bisa berkunjung ke Warung Apo Brahrang, di Jalan Jenderal Gatot Subroto, Kelurahan Sukamaju, Kecamatan Binjai Barat.

Setiap satu porsi Tau Kua Heci berisi potongan tahu kuning goreng, udang goreng tepung, bakwan udang, dan heci yakni sejenis kerupuk atau rempeyek berisi potongan udang.

Lalu, sebagai pelengkap yaitu sayuran cincang berupa kangkung dan tauge, yang sudah direbus. Jika soal rasa Tau Kua Heci jangan ditanya lagi. Kelezatan dari Tau Kua Heci terletak dari kombinasi saus dan isinya. Apalagi disantap sewaktu dalam keadaan hangat. Dan untuk memperkaya cita rasa, Anda bisa menambahkan sedikit sambal, kecap manis, ataupun cabai giling.

Hidangan Tau Kua Heci di Kota Binjai sudah ada semenjak tahun 1960. Adapun tempat yang menjual Tau Kua Heci pertama di Binjai yait Warung Tau Kua Heci Apo Brahrang. Warung tersebut sudah ada semenjak tahun 1960-an di Binjai. Dan sampai sekarang warung tersebut masih tetap ada. Hanya saja untuk citra rasa dan penampilannya di modifikasi supaya lebih di sukai pegunung.

Adapun Bahan-bahannya
1 bawang bombay, rajang halus
3 bawang putih memarkan
300 gr tomat merah, potong-potong
300 gr nenas cincang
6 sdm saus tomat (saya pakai Delmonte)
3 sdm gula, atau secukupnya
garam dan merica secukupnya
2.5 – 3 L air
200 gr nenas cincang
2 s.d 3 sdm tepung maizena, larutkan dalam sedikit air

 

Cara Membuat

Bahan isian :
– Kepiting (rajungan kecil), goreng tepung
– Udang besar goreng tepung
– udang sedang untuk peyek
– 1 ikat kangkung, rebus sampai masak
– 200 gr tauge, celur
– Sambal cabe rawit

Untuk Kuah :
– Didihkan air kemudian masukkan semua bahan saus . Biarkan mendidih selama kira-kira 10 menit, kecilkan api dan lanjutkan merebus selama kira-lira satu jam atau sampai air berkurang menjadi 2 – 2.5 L.
– Masukkan kembali air tomat ke dalam panci dan juga masukkan tepung maizena yang sudah dilarutkan aduk rata kembali didihkan sampai kuah mengental. Gunakan 2 sendok makan kalau suka kuah agak encer, 3 sdm kalau suka lebih kental.
– Kuah sudah siap dipergunakan.
– Masukkan kembali air tomat ke dalam panci kemudian tepung maizena yang sudah dilarutkan aduk rata, kembali didihkan sampai kuah mengental. Gunakan 2 sendok makan kalau suka kuah agak encer, 3 sdm kalau suka lebih kental.
– Kuah sudah siap dipergunakan.

BACA JUGA : Nasi Langgi Komplit Khas Jawa