Sega Pecel Hidangan Khas Malang

Nasi Pecel Hidangan Khas Malang

Sega Pecel atau nasi pecal adalah hidangan nasi khas Jawa Indonesia yang disajikan dengan pecel. Pecel dalam sajian nasi ini biasanya terbuat dari kangkung, kacang panjang, daun singkong, daun pepaya, atau bunga turi yang dicampur dengan bumbu kacang. Hidangan pecel dengan nasi ini sering disajikan bersamaan dengan tempe goreng, mendoan, dan kerupuk atau rempeyek. Masakan ini populer di Madiun, Jawa Timur, Jawa Tengah, Ngawi, Yogyakarta, dan banyak dijual di kota-kota besar di Pulau Jawa, termasuk wilayah Jakarta dan sekitarnya.

Pada umumnya makanan pecel yang di sertai dengan nasi ini merupakan makanan sehari-hari masyarakat. Hidangan cocok juga di jadikan sebagai salah satu menu sarapan yang sehat karena terdapat banyak sayuran rebus di dalamnya. Untuk SegaPecel ini juga terdapat berbagai macam jenis pecel yang ada di Indonesia seperti Pecel Punten, Pecel Ponorogo, Pecel Tumpang, Pecel Madiun, Pecel Kecombrang dan Pecel Ndeso. Hal ini dikarenakan nasi ini  memiliki rasa yang khas dan mudah ditemukan.

Resep Nasi Pecel kawi khas Malang:
Bahan:
500 gram nasi putih

Bahan sayuran, rebus terpisah:
10 helai kacang panjang, potong 3 cm
100 gram bunga kecombrang, iris kasar dan rebus
150 gram taoge, bersihkan
200gram daun kol, iris kasar
segengam daun singkong rebus dan potong
200 gram jantung pisang batung, iris kasar

Bahan bumbu yang dihaluskan:
1/2 sdt terasi
kencur
2 sdm air asam jawa
garam secukupnya
20 gram gula jawa
250 gram kacang tanah goreng
3 lembar daun jeruk purut
3 siung bawang putih
4 buah cabai merah
5 buah cabai rawit goreng
Kurang lebih 250 ml air matang

Peyek Kacang :
200 gram kacang tanah, belah dua
250 ml santan
150 gram tepung beras
1 sendok makan sagu
2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
1 st garam
2 siung bawang putih
5 butir kemiri
1 cm kencur
ketumbar bubuk
telur ukuran kecil, kocok lepas

Pelengkap:
Daun kemangi
Krupuk
Mentimun, potong kecil
Petai cina
Rempeyek kacang

BACA JUGA : Tili Aya Salah Satu Hidangan Pelengkap Gorontalo

Cara membuat pecel kawi khas Malang:
1. Cuci beras dan masak nasi seperti biasa (memakai rice cooker)2. Cuci bersih sayuran lalu rebus satu persatu .
3. Campur semua bahan bumbu pecel dan tumbuk / blender hingga halus.Ambil beberapa sendok bumbu pecel dan tuang di mangkuk, beri sedikit air panas lalu aduk hingga kental.
4. Membuat peyek kacang, campur tepung beras dan sagu, masukkan bawang putih kemiri, daun jeruk dan kencur yang sudah dihaluskan. Beri garam, ketumbar bubuk dan santan. Terakhir masukkan telur . Aduk hingga halus dan licin. Masukkan kacang dan goreng melebar di pinggir kuali
5.Lauk goreng: Haluskan bawang putih dan garam. Beri sedikit air. Celupkan potongan tempe dan tahu dalam bumbu kemudian goreng hingga matang.
6.Penataan: siapkan piring lebar, alasi daun pisang. Beri nasi putih, sayuran rebus, tahu,tempe. Siram bumbu pecel diatas sayuran rebus. Beri potongan ketimun dan daun kemangi. Tak lupa, peyek kacangnya.