Soto Petanahan Hidangan Khas Kabupaten Kebumen

Soto Petanahan Hidangan Khas Kabupaten Kebumen

Soto Petanahan merupakan soto khas dari Kabupaten Kebumen Jawa Tengah  Indonesia. Soto ini berasal dari daerah pesisir Kec Petanahan sekitar 17 kilometer di sebelah selatan . Dan yang juga dikenal dengan sebutan Soto Kored ini termasuk dalam jenis Soto Ayam. Sajian khas dari soto ini cukup banyak sehingga banyak di gemari berkat citra rasa dan juga aromanya yang sangat khas. Mulai dari nasi, kupat, lontong, ayam kampung, aroma, dan rasa yang berbeda dengan soto pada umumnya. Belum lagi campuran taugenya yang lebih banyak, kecap asin dalam kuahnya juga lebih kental. Perbedaan lainnya adalah tidak ada bihun atau kol yang terdapat di dalamnya.

Hal unik lainnya adalah aroma rempah kunyit dan jahe yang kuat. Adsapun keunikan yang membedakan soto ini dengan soto dari daerah lain adalah rasanya yang cenderung manis. Bagi yang belum terbiasa akan sedikit mengejutkan karena satu porsinya akan langsung membuat kenyang. karena untuk satu porsi Soto Petanahan ini dua kali lipat dari soto bangkong semarang atau soto sulung kudus, karena menggunakan mangkuk yang lebih besar. Sajian ini makin nikmat jika disantap dengan lauk leher dari ayam goreng. Jangan kira leher ayam kampung alot karena banyak tulangnya, sebab pedagang di daerah tersebut punya resep ampuh untuk melunakkan tulang dan daging ayam kampung.

Bahan-bahan untuk membuat hidangan ini :
1 kg ayam
2 liter air
secukupnya tauge rebus
Cabai rawit rebus untuk sambal
2 batang daun bawang
3 bulatan gula merah
garam
penyedap rasa secukupnya

bumbu halus
10 siung bawang putih
5 siung bawang merah
5 butir kemiri
2 ruas jahe
1 ruas kunyit
merica
1 batang serai
2 lembar daun jeruk (saya tidak punya jadi saya pakai kulit jeruk purut)

BACA JUGA : Roti Unyil Camilan Mini Yang NIkmat Khas Bogor

Cara membuat
1. Tumis bumbu halus bersama serai dan daun/kulit jeruk hingga matang. Sementara itu, rebus ayam dengan api kecil. Buang buih dari ayam rebus.
2. Masukkan bumbu tumisan ke dalam panci, tambahkan gula merah, garam, dan penyedap rasa. Koreksi rasa. Rasanya cenderung manis, tidak terlalu asin. Rebus dengan api kecil selama 45 menit atau lebih. (selagi merebus saya masukkan cabai juga untuk sambal)
3. Sementara itu, rebus tauge sebentar hingga agak layu. 4. Setelah kuah soto matang, angkat ayam dan goreng sebentar (agar kuahnya tahan sampai malam dan tidak mudah berlendir) lalu suwir-suwir ayam. Tambahkan irisan daun bawang ke dalam kuah soto.
5. Sajikan soto dengan nasi (aslinya pakai ketupat). Tambahkan tauge dan suwir ayam. Tuang saus pedas di atasnya. Tambahkan kecap asin, jeruk nipis, dan saus cabai jika suka.