Soto Srepeh Rembang Yang Legendaris

Soto Sepreh Rembang Yang Legendaris

Soto Srepeh yang merupakan salah satu kuliner khas Rembang yang di kenal dengan masakan yang legendaris. Soto ini berbeda dengan soto lainnya meskipun cara memasaknya hampir sama yaitu di bakara diatas bara api. Warna dari bumbu ini sedikit encer dan berwarna merah dan berbeda dengan bumbu kacang atau kecap pada umumunya. Rasa pedas dan gurih dari santan bisa juga dijumpai pada sate dengan berbahan dasar daging atau jeron ayam khas pesisir timur Jawa Tengah.

Bahan-bahan Soto Srepeh :
1 Kg daging sengkel rebus sampai daging empuk

Bahan A : Di Sangrai
6 buah kemiri, potong kecil
1 buah Pala di potong kecil
3 ruas kunyit
1/2 sdt Lada biji
1 sdt ketumbar biji
1 bungkus kecil jinten sekitar 1 sdt
3 ruas kayu manis

Bahan B : Uleg
1 ruas jari Jahe potong
2 ruas jari Kencur
5 siung Bawang Merah
4 siung Bawang Putih
Bahan C : Dimasukkan ketika Numis
4 lembar daun salam
2 ruas jari Lengkuas
1 Sereh digeprek
4 lembar Daun Jeruk

BACA JUGA ; Kecamatan Tambak Khas Dengan Kuliner Sate Bebek

Cara Membuat Soto Srepeh

  • Rebus daging sekitar 40menitan. kemudian baru masukkan bahan-bahan diatas. Siapkan Bahan A dipotong kecil-kecil. Lalu di sangrai tanpa menggunakan minyak sampai wangi dan semua bahan kering kemudian angkat
  • Siapkan Bahan B kemudian uleg dengan bahan A (Kecuali cengkeh) Uleg sampai halus lalu tumis menggunakan minyak secukupnya. Masukkan cengkeh ketika di tumis.
  • Setelah daging empuk ambil dagingnya. Dan Untuk mengolah kuah masukkan bahan yang sudah di tumis, kedalam kaldu daging. Tambahkan bahan C. Aduk dan tambahkan Garam serta Kaldu bubuk secukupnya. Teat Rasa.
  • Daging yang telah di angkat, di marinasi menggunakan bahan D, lalu diamkan 30 menit. Dan goreng sebentar supaya tidak basah.
  • Untuk penyajiannya bisa di tambahkan tauge yang sudah di rebus sebentar dan juga sambal rawit. Di Rembang biasanya dagingnya di pisah sehingga seperti lauk dengan tambahan tempe goreng.