Pindang Koyong Masakan Berkuah Khas Bayuwangi

Pindang Koyong Masakan Berkuah Khas Bayuwangi

Pindang Koyong adalah salah satu makanan berkuah khas dari Banyuwangi yang gurih, pedas dan segar. Hidangan ini yang menggunakan bahan dasar ikan laut dan mempunyai cita rasa yang pedas, asam, dan gurih. Kamu bisa merasakan sensasi segar ketika menyantapnya karena ada belimbing wuluh didalamnya. Hidangan ini hampir sama dengan soto ikan. Biasanya ikan yang di gunakan berupa ikan tongkol maupun ikan tenggiri. Adapun bahan bumbu yang  di gunakan juga bumbu yang sudah biasa di gunakan dalam masakan Jawa. Bumbu umum yang di gunakan seperti garam dapur, gula pasir, merica, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, lengkuas, serai, jahe, kunyit, kemiri, daun jeruk, dan belimbing wuluh (belimbing wuluh ini di gunakan sebagai penghilang amis ikan dan supaya menambah sensasi segar pada masakan yang berbahan dasar ikan).

Cara pengolahan Pindang Koyong ini diawali dengan merebus air hingga mendidih kemudian memasukkan ikan, lengkuas, serai, daun jeruk, dan cabai rawit dengan api kompor sedang. Panaskan minyak di wajan lain. Tumis bumbu halus sampai harum. Kemudian masukkan bumbu halus kedalam rebusan ikan. Tambahkan belimbing wuluh lalu diaduk rata. Kemudian Setelah itu masukkan garam dan gula pasir, lalu diamkan sebentar kemudian angkat dari kompor. Pindang koyong biasanya dinikmati dengan nasi, dan lebih dinikmati di siang hari yang panas. Hal ini, dikarenakan adanya belimbing wuluh yang membuat masakan terasa segar. Warung di Kota Banyuwangi biasanya menjual menu ini.

Bahan-bahan membuat Pindang Koyong :

200 gr ikan laut segar ( Bisa menggunakan ikan pindang maupun tongkol ) sesuai dengan selera
5 lembar daun jeruk
1 batang serai
15 Gr Lengkuas
10 Bh Cabai Rawit ( sesuai dengan selera pedas masing-masing)
1 buah tomat
5 bh belimbing wuluh
1 jeruk limau
garam secukupnya
gula pasir secukupnya

Bumbu halus
5 siung Bawang merah
3 siung bawang putih
1 bh cabai merah besar
1 bh cabai rawit
15 gr Kunyit
15gr jahe
15 gr terasi bakar
10gr kemiri
3 gr ketumbar
3 gr lada hitam

cara membuat
1. Haluskan semua bahan bumbu halus, yang terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, cabai rawit, kunyit, jahe, terasi bakar, kemiri, ketum air, dan lada hitam. Tidak lupa tambahkan sedikit saja air.
2. Rebus 500 mililiter air, kemudian masukkan bumbu halus tersebut. Aduk rata.
3. Masukkan ikan segar kedalam rebusan bumbu tersebut. Tunggu hingga ikan sudah setengah matang atau ketika bumbunya telah meresap.
4. Masukkan lengkuas yang telah digeprek dan juga belimbing wuluh yang telah dipotong-potong.
5. Tambahkan bahan lain, seperti perasan jeruk limau, potongan cabe merah, dan serai yang telah digeprek.
6. Beri penyedap yang berupa garam dan gula pasir secukupnya saja. Aduk hingga merata dan tunggu hingga matang.
7. Jika ikannya sudah matang dan bumbu sudah meresap, masukkan tomat.
8. Pindang pun siap disajikan. Paling nikmat jika dinikmati bersama nasi yang masih hangat.