Rawon Setan Khas Mojokerto Yang Patut Di Cicipi

Rawn Setan Khas Mojokerto Yang Patutu Di Cicipi

Rawon Setan adalah hidangan yang wajib dicicipi bagi pecinta kuliner sejati dengan kuahnya yang hitam pekat dengan cita rasa gurih, pedas, dan rempah yang kaya memberikan sensasi tak terlupakan ketika disantap. Ini merupakan makanan Khas dari Mojokerto.

Hidangan Rawon Setan ini terdiri dari potongan daging sapi yang empuk dan lezat menyatu dengan kuahnya yang khas, tradisi memasak rawon setan telah diwariskan secara turun-temurun dan menjadikan hidangan ini bagian tak terpisahkan dari budaya kuliner

Zaman dahulu rawon merupakan salah satu masakan yang jarang di hidangkan. Masakan ini hanya di hidangkan pada saat perayaan acara adat. Zaman sekarang jika ingin memasak Rawon sudah umum dan mudah. Bumbu rawon sudah sangat mudah di termukan dan juga banyak di jual di pasar tradisional maupun modern dengan harga yang terjangkau.

Bahan – Bahan :

750 gram iga sapi
150 gram daging sop-sopan
2liter minyak goreng untuk menumis
2 batang daun bawang, potong 2 cm
2batang serai, memarkan
3 cm jahe, memarkan
4 cm lengkuas, memarkan
5 lembar daun jeruk segar
8 buah keluwa ambil daging buahnya lalu haluskan dengan
100 ml air panas
Garam dan gula secukupnya

Bumbu halus
8 buah bawang merah
4 siung bawang putih
1 sdm ketumbar sangrai
4 buah cabai merah keriting
1/2 sdt merica bulat
3 butir kemiri sangrai
2 cm kunyit bakar
Garam secukupnya

Pelengkap
100 gram taoge pendek seduh dengan air mendidih kemudian tiriskan
6 buah cabai keriting merah
4 buah cabai rawit
1/3 sdt terasi bakar
Gula pasir sesuai selera
Garam secukupnya

BACA JUGA : Sumatera Barat Terkenal Dengan Hidangan Gulai Itiak Lado Mudo

Cara membuat rawon :

  • Rebus air kemudian masukkan iga dan daging bersama dengan daun sereh, daun jeruk dan laos sampai empuk
  • Kemudian panaskan minyak goreng dan tumis bumbu halus, lengkuas, serai, jahe, dan daun jeruk hingga harum dan sampai berwarna hitam pekat.
  • Masukkan keluwak keluarkan isiny dan rendam dengan air panas kemudian sisihkan
  • Setelah bumbu matang masukkan daging yg telah dipotong2, tambahkan sedikit air kaldu sisa rebusan daging biarkan sampai air susut. Masukkan daun bawang kemudian aduk sebentar sampai air habis.
  • Rebus 1 liter air kemudian tambahkan sisa kaldu rebusan daging hingga mendidih lalu masukkan tumisan daging. Rebus sampai mendidih.
  • Angkat dan sajikan

Rawon siap dihidangkan dan di nikmati dengan nasi hangat dan bisa juga di tambah dnegan telur asin, sambal tersasi dan kerupuk udang sebagai pelengkap.

Untuk pelengkap lain yang juga dapat dihidangkan bersama rawon seperti olahan jeroan. Di Pasuruan rawon juga lazim dikonsumsi dengan mendol (perkedel tempe) dan disajikan di atas daun pisang. Kelezatan rawon juga berada pada olahan kuahnya yang berasal dari kaldu daging yang digunakan, baik dari lemak daging, tulang muda maupun kulit.