Hidangan Bagaryu Khas Kota Bengkulu

Bagaryu Hidangan Ikan Khas Kota Bengkulu

Hidangan Bagaryu  khas dari Kota Bengkulu yang terbuat dari daging ikan Hiu dan dimasak seperti rendang. Makanan ini merupakan salah satu hidangan sebagai  lauk pauk untuk makan siang maupun makan malam. Di karenakan adanya keterbatasan bahan utama hidangan ini sangat sulit di temui dan juga ikan ini merupakan salah satu ikan yang di lindungi.

Dalam proses penangkapan ikan ini pun harus memenuhi filosofi kearifan lokal yang mana hanya ikan yang jantan yang di tangkap dan untuk betina masih di jaga kelestariannya. Adapun pengetahuan memasak Hidangan Bagaryu yang sudah turun temurun dan dari generasi ke generasi. Unruk masakan ini merupakan salah satu hidangan yang paling favorit di Indonesia.

Walaupun tidak ada catatan resmi yang menceritakan tentang hidangan ini tetapi di perkirakan bahwa hidangan di yang di sajikan di meja makan melalui ibu Fatmawati yang merupakan orang yang berasal dari Bengkulu.

Untuk hidangan ini tidak semua hiu yang bisa di gunakan menjadi bahan dasar untuk memasak masakan ini. Hanya jenis ikan Punai maupun tanduk yang bisa di gunakan dalam memasak hidangan ini.

Sebelum di olah daging hiu ini terlebih di bersihkan untuk mengilangkan bau amis dan anyir dengan menggunakan perasan jeruk nipis dan merebusnya hingga empuk. Dan ada sebagian yang menambahkan daun salam maupun daun ruku sebagai salah satu bahan untuk marinasi. tehnik memasaknya pun perlu untuk di perhatikan khusus supaya daging tidak berubah menjadi warna putih dan kuah menjadi hitam.

Adapun bahan-bahan untuk memasak hidangan ini :

1 kg ikan hiu
600 ml air
1 ruas asam jawa di kasih sedikit air k
3 potong asam potong
3-4 sdm cabe merah halus
3-4 sdm kelapa goreng
secukupnya Garam
Penyedap rasa secukupnya bila suka
Minyak utk menumis
1 bh jeruk nipis
Bumbu yang di haluskan:
21/2 sdm ketumbar
1/2 sdt merica
1 bh bintang
2 bh kapulaga
3 bh cengkeh
1 bh cabe jawa
Seumprit pala
1 jari lengkuas
1/2 jari jahe dan kunyit
2 bh serai
3 lm daun jeruk/salam
10 bh bawang merah
8-10 bawang putih

BACA JUGA : Hidangan Brongkos Khas Yogyakarta

Cara Membuat
1. Bersih kan ikan hiu, buang kulitnya lalu beri perasaan jeruk nipis
2. Masukan bumbu halus, cabe, kelapa goreng kedalam ikan aduk rata diamkan kurleb 1/4-1/2 jam biar bumbu resap
3. Panaskan sedikit minyak kemudian masukan ikan yg telah di endap lalu aduk rata setealh itu masukan air asam dan air masak sampai mendidih lalu masuk garam secukup nya, penyedap rasa bila suka
4. Masak hingga air menjadi sedikit susut tes rasa
5. Bila gulai sudah masak kemudian angkat tuangkan ke wadah dan taburkan bawang goreng