Tinutuan Bubur Khas Manado

Tinutuan Bubur Khas Manado

Tinutuan menjadi salah satu makanan khas kota Manado sejak tahun 1970. Makanan ini dapat di kategorikan sebagai salah satu karya budaya kuliner. Berdasarkan cerita turun temurun makanan ini ada semenjak zaman penduduk Jepang pada Perang Dunia ke II. Pada masa perang dan semua warga yang megungsi dan tinggal di hutan demi keamanan. Dan pada masa itu yang mengakibatkan akses untuk mendapatkan makanan pokok terutama beras menjadi terbatas dan bahkan tidak di peroleh sama sekali.

Karena keterbatasan asupan pangan jadi para warga pun mengumpulkan sayur-sayuran dan juga umbi-umbian untuk di masak dengan cara di rebus. Jenis makann ini di anggap warga sebagai makanan yang sehat dan juga enak di buat dan untuk bahan-bahannya juga mudah di peroleh. Tinutuan menjadi salah satu menu lokal bagi warga minahasa.

Hidangan ini merupakan campuran dari bermaacam-macam sayuran diantaranya labu kuning, beras, sinkong, bayam, kangkung daun serta jagung dan juga daun kemangi. Biasanya hidangan ini di sajikan untuk sarapan pagi dan di lengkapi dengan ikan asin dan juga tahu goreng.

Bahan-Bahan untuk Bubur :

1 mangkuk kecil beras
1 bh Labu kuning dikupas dan potong2
4 bh jagung muda di serut
3 bh singkong atau ubi dikupas potong2 kecil
3btg Serei digeprek
3 lbr Daun kunyit jika ada
Daun bawang iris serong
Bahan Pelengkap Sayuran :
1 ikat sayur Kangkung iris korek api
1 ikat Bayam hijau iris korek api
jika ada sayur gedi(khas manado)silakan ditambhkan
1 ikat Daun kemangi
Garam,Penyedap rasa kaldu ayam
Bumbu dihaluskan:
5 btr bawang putih
Sedikit merica
Pelengkap:
Ikan asin/Ikan goreng/Nike goreng
Tahu rebus/goreng
Telur rebus
Sambel roa/Terasi
Mie basah kuning
Jeruk nipis
Bawang Goreng
tongkol Abon ikan

Cara membuat :
– Rebus air hingga mendidih kemudian cuci bersih semua bahan2. Untuk singkong silahkan di potong kecil-kecil. Dan untuk labu direbus di wadah lain hingga lunak lalu masukkan ke dalam blender kemudian blender labu meenjadi halus.
– Cuci beras lalu masukkan ke air yang sedang mendidih kemudian masukkan sereh sambil diaduk2 kemudian masukkan jagung
– Tunggu jika beras yang sudah menjadi bubur kemudian masukkan singkong sambil diaduk2 hingga singkong benar2 lembut lalu tuang labu yg sudah diblender.
– Tumis bawang putih dengan sedikit minyak sampai harum lali masukkan kedalam bubur dan beri garam,penyedap rasa kaldu ayam sesuai selera
– Masukkan sayur2n dan daun kunyit,daun kemangi,daun bawang yang sudah dicuci bersih dan dipotong2 ke dalam bubur sambil diaduk2 jangan terlalu lama angkat sajikan beri bawang goreng
– Untuk pelengkap saya memakai telur rebus ikan tongkol rebus suwir2 dengan tahu goreng, tahu rebus dan sambel terasi atau sambel roa.