Nasi Kuning Khas Banjar Haruan

Nasi Kuning Khas Banjar Haruan

Nasi Kuning sudah akrab di lidah warga Kalsel. Di herankan jika keberadaan penjual hidangan nasi tidak sulit dicari, karena tersedia di sejumlah warung. Sarkiah penjual Nasi yang beradaย  di Jalan Veteran, Banjarmasin nasi Banjar ini memiliki ciri khas tersendiri. Nasi dengan lauk yang di masak habang (masak merah) dan kadang di taburi serundeng.

Nasi Kuning Banjar memiliki citra rasa berbeda memang. Terasa lemak santannya dan juga harum karena dimasak dengan meggunakan daun pandan. Sedangkan masak habang rasanya gurih dan manis sehingga dicampur dengan nasi ku semakin nikmat.

Bahan-bahan
๐Ÿš bahan nasiย  ๐Ÿš
1 kg beras banjar750 ml air dicampur ke 1 bungkus santan kelapa instan
1 ruas jari kunyit parut,peras
2 lembar daun salam
1 lembar daun pandan
garam

๐ŸŸ bumbu iwak haruan (ikan gabus) ๐ŸŸ
1/2 kg iwak haruan (ikan gabus) ukuran besar
Asam jawa secukup nya
4 siung bawang putih
1 ruas jari kunyit

๐Ÿ› bumbu halus masak habang ๐Ÿ›
8 buah cabe merah kering
6 siung bawang merah
10 siung bawang putih
jahe
2 buah bunga lawang di sangrai
4 biji cengkeh
5 cm kayu manis
1 lembar daun pandan
Gula pasir secukupnya
Kecap manis
Garam
Penyedap
Air putih

BACA JUGA :ย  Mie Kuah Kering Gurih dari Malang

๐ŸŒฐ pelengkap
Bawang goreng

Cara Membuat

1. Cuci bersih beras masukkan ke dalam panci rice cooker. Tuang santan yang sudah dicampur dengan perasan kunyit, sejumput garam, daun salam dan daun pandan.
2. Haluskan 4 siung bawang putih,asam jawa,kunyit dan 2sendok teh garam kemudian balur sampai rata ke ikan. Diamkan hingga bumbu meresap kurang lebih 30menit
3. Goreng iwak haruan kedalam minyak panas dan banyak hingga kering. Angkat,tiriskan.

4. Bumbu habang. Sangrai cengkeh dan bunga lawang kemudian haluskan. Sisihkan. Cuci bersih cabe merah kering, buang biji nya kemudian rendam air panas 10menit.Kemudian blender halus bawang merah, bawang putih, jahe, dan cabe merah kering beri sedikit air putih supaya lebih mudah untuk memblender. Kemudian panaskan minyak. Masuk kan bumbu halus, cengkeh dan bunga lawang yg sudah di haluskan, kayu manis, selembar daun pandan. Tumis hingga mengeluarkan minyak.

5.Setelah matang masukkan ikan gabus yang sudah di goreng td aduk rata. Tambahkan air sampai menutupi seluruh permukaan ikan bumbu meresap kedalam ikan. Tambahkan sedikit gula, garam, kecap penyedap masak hingga air mulai menyusut test rasa. Jika di rasa pas masak terus hingga bumbu mengeluarkan minyak. Matikan kompor.

6.Sajikan dan tambahkan iwak haruan masak habang beri sedikit bumbu habang di atas ikan dan terakhir beri taburan bawang merah. Nasi lauk haruan masak habang siap di sajikan.