Kue Lempeng Tradisional Kalimantan Selatan

Kue Lempeng Tradisional Kalimantan Selatan

Kue Lempeng merupakan kue yang populer di Kalimantan Selatan yang terbuat dari tepung terigu dengan isian pisang. Adonan Kue ini sering biasanya sering disebut dengan pizza Banjar karena memiliki bentuk yang pipih dan juga bulat seperti pizza.

Adonan dikenal juga dengan sebutan kue Deblak atau kue Tebla dan juga ditemukan di daerah – daerah lain seperti Karimun, Kepulauan Riau, yang berbentuk seperti piring dan juga terbuat dari bahan tepung dan juga kelapa. Meski termasuk dalam makanan jaman dulu, namun kini Kue Lempeng atau kue pisang sudah tersedia di beberapa warung makan modern dan juga franchise. Resepnya juga bervariasi dengan penambahan berbgai bahan dan juga berbagai topping seperti nangka, tapai, teh hijau dan lain-lain sebagainya .

Cara membuat pancake pisang hampir sama dengan banana pancake, bedanya pisang yang digunakan sebelumnya sudah dipotong dadu, diiris melintang atau dimemarkan kasar agar tekstur asli pisangnya tetap terasa. Potongan pisang tersebut kemudian dicampurkan ke dalam adonan tepung dan ditambahkan garam dan jika sudah tercampur rata maka adonan tersebut dimasak di penggorengan.

Lempeng dangai adalah piring yang terbuat dari sagu dan kelapa parut dan dinikmati dengan ikan asam pedas. Piring ini populer di Kepulauan Riau dan biasa disajikan sebagai menu sarapan dan makan siang. Lempeng dangai yang disantap untuk sarapan akan disantap dengan gula merah atau gula pasir, namun piring yang disantap saat makan siang akan dinikmati dengan ikan yang pedas dan asam karena teksturnya sudah mengeras.

Pembuatan lempengnya tidak menggunakan minyak goreng, karena tepung sagu dan kelapa parut ditaburkan secara melingkar di atas penggorengan yang sudah dipanaskan sebelumnya sehingga ketika diangkat berbentuk bulat. Saat memasak lempeng biasanya ditutup menggunakan daun pisang untuk menambah aroma masakan. Pelat dianggap matang apabila sudah tidak menempel lagi pada daun pisang dan akan terlipat menjadi dua pada saat diangkat.

Bahan-bahan untuk membuat lempeng pisang

3 buah pisang talas/pisang uli juga bisa
4 SDM gula pasir(sesuai selera)
8-10 SDM tepung terigu
3 SDM kelapa parut/santan
1 SDM margarine
Vanili bubuk
1 butir Telur optional
Sejumput garam
Air secukup nya

Cara Membuat
1. Campur terigu, gula, vanili, garam, margarine, kelapa parut, santan, telur, beri air aduk2 sampai tercampur
2. Potong2 pisang bentuk dadu aduk2
3. Setelah tercampur sisihkan
4. Panaskan teplon beri minyak goreng secukupnya
5. Setelah panas tuang adonan ratakan kemudian tutup teplon biarkan sampai agak kekuningan
6. Balik agak sisi yang diatas juga matang dan kekuningan
7. Setelah ke 2 sisi matang angkat
8. Olesi margarine
9. Beri toping susu kental manis, lalu beri keju/meses
10. Dimakan tanpa toping juga enak

BACA JUGA : Kue Phutu Jajanan Khas Malang