Lek Tau Suan Makanan Penutup Khas Pontianak

Lek Tau Suan Makanan Penutup Khas Pontianak

Lek Tau Suan merupakan makanan khas Pontianak yang terbuat dari butiran mutiara kcang hijau. Dengan berbahan dasar menggunakan kacang hijau. Makanan ini memiliki rasa yang lezat dan biasanya di hidangkan bersama dengan roti Ca Kwee.

Cara membuat makanan penutup tau suan atau Lek Tau Suan yang mudah ini dibuat dengan kacang hijau terbelah yang disajikan dalam sup manis kental dan lengket dan you tiao (kerupuk goreng Cina). Makanan penutup sederhana ini benar-benar nikmat. Saya mengenal tau suan ketika saya tinggal di Singapura selama beberapa tahun. Ini adalah favorit penduduk setempat. Saya suka segala sesuatu yang berhubungan dengan kacang-kacangan. TauSuan dengan mudahnya berhasil menjadi makanan penutup favoritku.

Tau Suan adalah makanan khas Teochew. Tau atau dou artinya kacang. Suan artinya sup lengket. Padahal dalam bahasa Hokkien, kata suan berarti berlian. Jika dilihat dari penyajiannya yang hampir sama dengan ketupat kecil yang tersuspensi di dalam kuah kental.

Bahan-bahan yang di perlukan :

1. Kacang hijau

Kacang hijau belah adalah kacang hijau yang telah dibelah dan dikupas. Jadi Anda tidak lagi melihat kulit hijaunya dan bijinya terbelah dua. Hal ini membuat kacang matang lebih cepat dan tidak memerlukan waktu perendaman yang lama dibandingkan kacang utuh biasa. Mereka tersedia dalam bentuk kering di toko kelontong Asia mana pun

2. Daun pandan

Daun pandan menambah rasa yang enak pada hidangan penutup. Kecuali Anda benar-benar tidak dapat menemukannya, saya tidak akan melewatkan bahan ini. Anda bisa menggunakan yang segar atau beku (dicairkan jika dibekukan)

3. Gula kelapa

Sup tau suan ini terlihat sedikit lebih gelap karena adanya gula kelapa. Biasanya gula pasir biasa dikaramelkan untuk menambah rasa ekstra, tapi saya mengambil “jalan pintas” dan menggunakan gula kelapa, yang juga menambah rasa enak.

4. Gula pasir

Anda bisa melewatkan gula kelapa dan menggunakan semua gula pasir juga

5. Tepung ubi jalar

Saya menemukan bahwa tepung ubi jalar adalah pengental terbaik untuk tau suan. Supnya tetap kental untuk waktu yang lama. Pengganti tepung ubi jalar terbaik lainnya untuk resep ini adalah: tepung kentang (bukan tepung kentang), tepung kastanye air, dan tepung terigu (teng fen)
Kalau saya pakai tepung maizena atau tepung tapioka, kuahnya lebih cepat encer. Jika Anda menggunakan dua cara terakhir, kentalkan sup hanya saat Anda siap menyajikannya segera

6. You tiao (penghancur goreng Cina)

Anda bisa mendapatkan yang segar atau beku dari toko kelontong Asia. Anda juga bisa menggunakan you tiao buatan sendiri

BACA JUGA : Buntil Purwokerto Yang Banyak Di Buru Pembeli

Cara memasak tau suan / lek tau suan

1. Rendam kacang hijau yang sudah dibelah dalam air panas selama 30 menit atau 1 jam jika menggunakan air bersuhu ruangan. Buang air rendaman.
2. Masukkan kacang yang sudah direndam ke dalam wadah kukusan bersama potongan daun pandan.
3. Kukus kacang dengan api besar selama 10-15 menit atau hingga kacang empuk, sedikit digigit dan tidak lembek. Keluarkan dari kukusan dan buang daun pandannya
4. Masukkan air, gula, sedikit garam, dan daun pandan ke dalam panci berukuran sedang hingga besar.
5. Didihkan dan masak hingga gula larut lalu kecilkan api hingga mendidih selama 10 menit. Cicipi dan sesuaikan tingkat kemanisannya jika perlu. Anda dapat mempersiapkan diri hingga saat ini
6. Campurkan tepung ubi jalar dengan air. Didihkan sup kembali. Tambahkan kacang matang dan didihkan kembali.
7. Aduk larutan tepung ubi. Sambil satu tangan mengaduk, tangan lainnya menuangkan larutan tepung ubi secara perlahan dan terus mengaduk hingga cairan mengental. Kacang tidak boleh tenggelam ke dasar dan tersuspensi oleh kuah kental yang lengket. Jika kuahnya kurang kental sesuai keinginan Anda, Anda bisa mengentalkannya dengan lebih banyak campuran tepung dan air.
8. Matikan api dan sajikan bersama