Bingka Pandan Panggang Khas Tanjung Pinang

Bingka Pandan Panggang Khas Tanjung Pinang

Bingka Pandan sejenis kue yang rasanya manis dan bau yang harum sehingga juga menjadi kue favorit di Tanjung Pinang. Selain Teksturnya yang padat dan lembut, berlemak santan serta mempunyai aroma pandan yang menyengat membuat kue ini dicari banyak orang untuk dijadikan oleh-oleh khas Tanjung Pinang.

Memiliki rasa dan juga teksturnya yang membuat banyak orang menyukai Bingka Pandan. Adapun rasanya yang legit dan gurih juga berhasil membuat semua kalangan menjadikan kue ini sebagai salah satu jenis pencuci mulut terfavorit.

Bahan-bahan :

260 gr terigu protein sedang
230 gr gula pasir
460 ml santan kental
230 ml jus pandan suji
3 butir telur
25 gr margarin
1/4 sdt vanilla extract
Sejumput garam
Secukupnya wijen sangrai untuk taburan

Cara Membuat
Siapkan semua bahan. Panaskan oven suhu 175⁰C api bawah. Kemudian siapkan loyang (sy tulban d24c) olesi tipis dengan margarin.

Masak santan dan jus pandan suji dan gula pasir hingga gula larut dan mendidih. Matikan api kemudian biarkan hingga hangat.
Masukkan semua bahan ke dalam blender kemudian blender hingga rata. Tuang adonan ke dalam loyang sambil di saring. Dan beri taburan wijen.

Panggang selama kurang lebih 40 menit dgn api bawah hingga matang. Bila sudah matang kemudain ganti api atas sebentar saja hanya untuk membuat permukaan kue menjadi berwarna golden brown.
Keluarkan dari loyang potong dan kemudian sajikan.

BACA JUGA : Brenebon Sup Khas Manado